Lantai Parquet atau Vinyl, Pilih yang Mana?

lantai parquet atau vinyl

Lantai Parquet atau Vinyl, Pilih yang Mana?

Lantai Parquet atau Vinyl, mending pilih yang mana sih? Salah satu cara memperindah rumah tanpa harus merenovasi ulang semuanya adalah dengan memasang flooring untuk mempercantik tampilan. Untuk flooring, kamu bisa memilih antara memasang lantai parquet atau lantai vinyl. Tapi sebenarnya yang mana sih yang lebih bagus? Lebih murah? Lebih awet? Yuk kita bahas!

Lantai Parquet

Lantai parquet atau parket adalah pelapis lantai yang berbahan kayu solid. Bahan yang digunakan biasanya adalah kayu jati, merbau, sonokeling, bengkirai, atau kayu sejenis lainnya. Tak hanya memberikan kesan natural, penggunaan lantai parquet juga memberi kesan mewah, elegant sekaligus memberi kesan hangat pada ruanganmu.

 

lantai parket murah

Lantai parquet berkisar di harga sekitar 450 – 700 ribu per meter persegi untuk kayu sonokeling dan jati (sudah termasuk instalasi). Dengan harga yang cukup tinggi, lantai parket menawarkan berbagai kelebihan, antara lain:

  • Memberi kesan natural, mewah sekaligus artistik pada ruangan / rumahmu
  • Meningkatkan harga jual / sewa rumah itu sendiri
  • Karena terbuat dari kayu asli, lantai parquet tahan lama & tidak membutuhkan perawatan khusus. Dengan pemasangan yang tepat dan parket berkualitas, lantaimu tahan hingga 15-20 tahun loh!

Namun, tentunya ada juga beberapa kekurangan lantai parquet yang harus kamu pertimbangkan:

  • Harganya cukup tinggi
  • Musuh besar lantai parquet: kelembaban & rayap! Pastikan tidak ada cairan mengambang dalam waktu lama pada lantai parquetmu karena kelembaban akan membuat lembaran kayu ini menyusut/memuai sehingga lantai menjadi tidak rata. Rayap juga sangat rentan merusak lantai parquet ini, terutama jika rumahmu kosong atau tidak ditinggali dalam waktu berbulan-bulan.

 

Lantai Vinyl

Lantai vinyl dibuat dari bahan PVC, bentuknya tipis seperti wallpaper dinding dan memiliki beberapa kelebihan yang disukai orang, antara lain:

  • Karena bukan bahan alami, motif yang tersedia beraneka ragam, modern, chic, dan terlihat kekinian
  • PVC tahan air, tahan gores, anti rayap (karena tidak terbuat dari kayu tentunya!)
  • Harganya relatif lebih murah dibanding dengan lantai parquet.
  • Pemasangan lebih simple & cepat, tidak banyak debu karena tidak harus memotong-motong lembaran kayu seperti lantai parquet

 

pasang vinyl murah

Sayangnya, lantai vinyl juga tetap memiliki beberapa kekurangan. Salah satu yang paling mendasar adalah bahan pembuatnya, untuk beberapa orang bahan PVC ini dapat memicu alergi terutama bagi mereka yang sensitif dengan bahan ini. Lantai vinyl juga lemah terhadap benda tajam, jika tergores akan dengan mudah muncul robekan yang mengakibatkan kamu harus mengganti lantai vinylmu dengan yang baru.

Jadi sebenarnya, mana yang lebih baik, lantai parquet atau vinyl? Semua terserah pada kebutuhan, budget serta kondisi ruanganmu! Ingin konsultasi lebih lanjut tentang pilihan lantai parquet atau vinyl yang tepat? Hubungi CS kami ya, kami siap membantu! Pusat Wallpaper Dinding juga menyediakan aneka pilihan motif parquet dan vinyl berkualitas, dengan atau tanpa jasa pemasangan. Sesuai untuk rumah tinggal, perkantoran, tempat ibadah dan lainnya. Siap kirim ke seluruh Indonesia, dengan harga bersaing tentunya!